Tuesday, June 21, 2011

Hati Yang Sakit


Apabila kecerdasan yang ada di dalam pikiran, bisa dikalahkan oleh kebusukan yang ada di dalam hati. Orang seperti itu biasanya akan marah pada kebenaran dan senang pada kebatilan. Dan, jika hal tersebut terjadi, maka itulah hati yang sedang sakit.

Hati yang sakit dapat dilihat dari tiga hal, yaitu:

Pertama, kemampuan indera yang ada di dalam hati akan hilang secara total. Hati seperti ini akan menjadi buta, tuli, bisu, dan lumpuh. Ia tidak bisa membedakan antara kebenaran, kesesatan, ketakwaan, kemaksiatan, dan lain sebagainya.


Kedua, kemampuan indera yang ada di dalam hati menjadi lemah. Padahal sebenarnya, kemampuan indera tersebut kuat. Sama seperti anggota tubuh lainnya jika sedang dalam keadaan seperti ini, hati berarti butuh asupan gizi.

Ketiga, hati tidak bisa melihat sesuatu dalam bentuk yang sebenarnya. Seperti melihat kebenaran menjadi kesesatan, kesesatan menjadi kebenaran, merasakan manis menjadi pahit, dan pahit menjadi manis.

Ibnul Qayyim menjelaskan agar hati bisa tetap sehat,
dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

menjaga kekuatan hati, melindungi hati dari hal-hal yang membahayakan, dan membuang zat-zat yang berbahaya bagi hati.

Kekuatan hati bisa didapatkan dengan iman. Dan iman merupakan sumber kekuatan hati paling utama. Jika iman hilang, hati akan menjadi sakit.

Untuk melindungi hati dari hal-hal yang membahayakan , bisa dilakukan dengan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Sebab, kedua hal ini yang dapat membuat hati menjadi sakit. Ia sama dengan racun yang jika dikonsumsi pasti akan membahayaka tubuh.

Terakhir, agar tetap sehat, zat-zat yang membahayakan hati harus dibuang. Dan, cara paling ampuh untuk membuang zat-zat yang berbahaya tersebut adalah dengan tobat dan istigfar.

Tobat dan istigfar adalah dua obat yang bisa membuang toksin di dalam hati.

Ia bagaikan antibody yang bisa membuat hati tetapsehat.


SUMBER: Republika rabu, 21 Juli 2010 nomor 189 tahun ke-18
SUMBER: http://tyarajackson.wordpress.com

No comments:

Post a Comment