Monday, November 25, 2013

PLN






Regulasi dan prosedur pendirian perusahaan:

bentuk usaha                   : PT PLN (Persero)
Prosedur dan legalitas       : Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang usaha penyediaan dan pendistribusian tenaga listrik dari pusat-pusat pembangkit listrik yang bertenaga air, diesel, uap, tenaga angin maupun tenaga surya, dengan bahan bakar minyak, batu bara, gas dan panas bumi ke pengguna akhir yaitu kawasan industri, komersial, pemukiman maupun sarana publik dengan harga yang terjangkau.
 
SDM dan Organisasi:

System pengkajiannya adalah menyediakan dan mendistribusikan tenaga listrik kepada seluruh lapisan masyarakat dengan harga yang terjangkau. 

Struktur Organisasi:




Aspek Pemasaran:

Strategi pemasaran Perseroan terdiri dari tiga program utama, yakni:
1. Migrasi pelanggan dari kelompok pelanggan rumah tangga level rendah, ke level yang lebih tinggi.
2. Migrasi pelanggan pasca bayar menjadi pelanggan pra-bayar.
3. Meningkatkan jumlah pelanggan dengan kategori pelayanan
khusus, untuk kelompok pelanggan bisnis dan industri. Peningkatan jumlah pelanggan yang cukup signifikan adalah sebagai hasil penerapan inovasi PLN dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan yaitu dengan melakukan perbaikan proses bisnis penyambungan baru dan penyediaan layanan fasilitas antara lain melalui:
• “Call Center 123” Penyambungan Baru, Penambahan Daya dan Penyambungan Sementara Online (“PB/PD/PS Online”)
melalui website.
• Pemasaran Listrik Prabayar.
Melalui penerapan proses bisnis baru ini, pelanggan dapat langsung melakukan proses pemasangan listrik baru tanpa harus datang ke kantor unit layanan PLN, sehingga dapat mencegah dan menghilangkan praktik percaloan.
Hasil penerapan strategi pemasaran, termasuk layanan prabayar menunjukkan bahwa penambahan pelanggan di tahun 2012 didominasi oleh pelanggan pra bayar yang merupakan salah satu program prioritas perusahaan.
Pada tahun 2012 penambahan pelanggan prabayar mencapai 4.178.684 pelanggan yang terdiri pelanggan baru dan pelanggan migrasi dari pasca bayar ke prabayar, sehingga jumlah pelanggan prabayar mencapai 7.832.713 pelanggan. Jumlah pelanggan prabayar meningkat sangat signifikan dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 3.654.029 pelanggan.




Aspek Keuangan:




No comments:

Post a Comment