Regulasi
dan prosedur pendirian perusahaan:
bentuk usaha :
PT PLN (Persero)
Prosedur
dan legalitas : Badan Usaha Milik
Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang usaha penyediaan dan pendistribusian
tenaga listrik dari pusat-pusat pembangkit listrik yang bertenaga air, diesel,
uap, tenaga angin maupun tenaga surya, dengan bahan bakar minyak, batu bara,
gas dan panas bumi ke pengguna akhir yaitu kawasan industri, komersial,
pemukiman maupun sarana publik dengan harga yang terjangkau.
SDM
dan Organisasi:
System
pengkajiannya adalah menyediakan dan mendistribusikan tenaga listrik kepada
seluruh lapisan masyarakat dengan harga yang terjangkau.
Struktur
Organisasi:
Aspek
Pemasaran:
Strategi pemasaran Perseroan terdiri dari tiga program
utama, yakni:
1. Migrasi pelanggan dari kelompok pelanggan rumah
tangga level rendah, ke level yang lebih tinggi.
2. Migrasi pelanggan pasca bayar menjadi pelanggan
pra-bayar.
3. Meningkatkan jumlah pelanggan dengan kategori
pelayanan
khusus,
untuk kelompok pelanggan bisnis dan industri. Peningkatan jumlah pelanggan yang
cukup signifikan adalah sebagai hasil penerapan inovasi PLN dalam meningkatkan
kualitas layanan pelanggan yaitu dengan melakukan perbaikan proses bisnis
penyambungan baru dan penyediaan layanan fasilitas antara lain melalui:
• “Call Center 123”
Penyambungan Baru, Penambahan Daya dan Penyambungan Sementara Online (“PB/PD/PS
Online”)
melalui website.
• Pemasaran Listrik Prabayar.
Melalui
penerapan proses bisnis baru ini, pelanggan dapat langsung melakukan proses
pemasangan listrik baru tanpa harus datang ke kantor unit layanan PLN, sehingga
dapat mencegah dan menghilangkan praktik percaloan.
Hasil
penerapan strategi pemasaran, termasuk layanan prabayar menunjukkan bahwa
penambahan pelanggan di tahun 2012 didominasi oleh pelanggan pra bayar yang
merupakan salah satu program prioritas perusahaan.
Pada
tahun 2012 penambahan pelanggan prabayar mencapai 4.178.684 pelanggan yang
terdiri pelanggan baru dan pelanggan migrasi dari pasca bayar ke prabayar,
sehingga jumlah pelanggan prabayar mencapai 7.832.713 pelanggan. Jumlah
pelanggan prabayar meningkat sangat signifikan dibanding tahun lalu yang hanya
sebesar 3.654.029 pelanggan.
Aspek
Keuangan:
No comments:
Post a Comment